Menpora Zainudin Amali Ucapkan Terima Kasih Utut Adianto Mau Kembali Jadi Ketum PB Percasi

Menpora Amali Ucapkan Terima Kasih Utut Adianto Mau Kembali Jadi Ketum PB Percasi – Sehubungan dengan berakhirnya kepengurusan PB Percasi masa bakti 2017 2021 pada Februari 2022 ini sesuai dengan SK KONI, maka PB Percasi menyelenggarakan Munas Percasi XXIX pada 25 – 28 Februari 2022 di Century Park Hotel, Senayan, Jakarta. Diadakan di tengah pandemi Covid 19, Munas PB Percasi mengedepankan penerapan protokol kesehatan ketat kepada para peserta yang hadir.

“Dengan semangat untuk tertib organisasi, taat aturan dan hukum yang berlaku walau masih pandemi kami memutuskan untuk menyelenggarakan Munas dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan,” kata Ketum PB Percasi 2017 2021, Grand Master Utut Adianto. Sementara itu, dalam Munas untuk menentukan Ketua Umum jabatan 2022 2026 hanya ada satu nama yakni, GM Utut Adianto. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang membuka Munas PB Percasi ini mengucapkan terima kasih kepada GM Utut Adianto yang mau kembali menjadi Ketum PB Percasi.

Pasalnya, semenjak ditangani GM Utut Adianto cabor catur Indonesia banyak menorehkan prestasi internasional. “Ini bukan keinginan Pak Utut, ini keinginan dari para peserta, kan sudah diumumkan oleh panitia. Pak Utut ini kalau ditanya dia pasti maunya istirahat tapi saya keberatan kalau beliau istirahat. Jadi kita apresiasi, kita justru berterima kasih beliau masih mau lagi, coba kalau beliau sudah tidak mau, pasti berat kan,” kata Menpora Amali, Jumat (25/2/2022). Prestasi PB Percasi dibawah pimpinan GM Utut Adianto antara lain meraih prestasi yang pantas disebut ‘milestone’ atau menjadi tonggak tonggak sejarah baru seperti untuk pertama kalinya catur menjadi juara umum SEA Games XXX Manila/Subic 2019; untuk pertama kalinya mengawinkan gelar juara zonal 3.3 Asia Timur 2019 dengan GM Susanto Megaranto dan IM Medina Warda Aulia menjadi juara di bagian putra maupun putri.

Sebelumnya IM Novendra Priasmoro menjadi juara Asia Junior 2019 dan Ummi Fisabilillah menjadi juara Asia Timur Junior Putri 2019. Novendra pada awal 2020 juga menjadi grandmaster baru Indonesia yang ke 8. Paling baru ada empat pecatur Indonesia lolo ke Piala Dunia Catur Sochi 2021 dimana GM Susanto Megaranto, IM Irene Kharisma Sukandar dan IM Medina Warda Aulia berhasil menyamai rekor GM Utut Adianto yakni lolos hingga putaran kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.