Hasil Borneo FC vs Persebaya Surabaya Liga 1 2021: Pesut Etam Permalukan Bajul Ijo 3-1

Borneo FC berhasil mempermalukan Persebaya Surabaya dengan skor 3 1 dalam lanjutan pekan perdana BRI Liga 1 2021 di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (4/9). Klub asuhan Mario Gomez telah unggul sejak babak pertama melalui gol M Sihran (8'). Selepas turun minum, Pesut Etam menambah keunggulannya dengan dua gol yang diciptakan Terens Puhiri (49') dan Guy Junior (61').

Sementara Bajul Ijo membuat gol hiburan yang lahir dari kaki Ricky Kambuaya (76'). Dengan hasil ini, Pesut Etam sukses mendapatkan 3 poin di pertandingan perdana BRI Liga 1 2021. Borneo FC tampil percaya diri menguasai bola sejak pertandingan dimulai.

Secara mengejutkan, Borneo FC berhasil membuka keunggulannya di menit kedelapan. Sihran merupakan pahlawan Borneo FC yang berhasil membobol gawang Ernando. Proses terciptanya gol Sihran berawal dari tendangan bebas di samping lapangan yang dieksekusi Bustos.

Bola diarahkan ke dalam pertahanan Persebaya yang mengakibatkan kemelut. Kesempatan ini pun sanggup dimanfaatkan Sihran untuk mencetak gol sekaligus membawa Borneo FC unggul 1 0. Menit 19 Borneo FC memiliki peluang berasal dari pergerakan Torres di dalam kotak penalti.

Torres mampu menjangkau umpan dari rekannya dan meneruskannya dengan sebuah tembakan terukur. Bola hasil tendangan Torres masih mampu ditepis Ernando. Borneo FC pun mendapatkan sepak pojok yang tidak membahayakan gawang lawan. Menit berselang, gelandang Borneo FC Hendro Siswanto melepaskan tendangan spekulasi yang langsung mengarah ke kiri gawang Persebaya.

Peluang tendangan spekulasi terlihat masih mudah diselamatkan oleh Ernando. Memasuki menit 25, Persebaya meningkatkan intensitas serangan guna menyamakan kedudukan. Namun sejauh ini para pemain Persebaya masih sulit menjajal gawang Borneo FC yang dikawal Angga Saputra.

Menit 30, Persebaya mendapatkan peluang dari tendangan bebas akibat pelanggaran Javlon kepada Supriadi. Hambali yang melaju sebagai eksekutor tendangan bebas gagal mengarahkan bola ke gawang Angga. Sepakan bola Hambali masih melambung jauh dan kesempatan menyamakan kedudukan harus sirna.

Wasit mengeluarkan kartu kuning pertamanya kepada gelandang Persebaya Rikhart Sokoy. Menit 36 Borneo kembali mendapatkan tendangan bebas yang bakal dieksekusi Nurdin. Sayangnya Nurdin tidak bisa mengarahkan bola ke dalam kotak penalti.

Skor 1 0 untuk keunggulan Borneo FC atas Persebaya bertahan hingga babak pertama usai. Selepas turun minum, Aji Santoso memasukan Rendi Irawan guna menggantikan Hambali. Anak asuh Mario Gomez mengejutkan pertahanan Persebaya saat babak kedua baru berjalan dua menit.

Mereka sukses menggandakan keunggulannya menjadi 2 0 berkat gol dari Terens Puhiri, Gol Terens memanfaatkan counter attack yang dimotori oleh pergerakan Bustos. Ketertinggalan dua gol ini membuat Persebaya lebih bermain menyerang.

Terbukti dua pemain kembali dimasukan Aji yakni Samsul Arif dan Arif Satriya pada menit 56. Samsul dan Arif menggantikan Supriadi bersama Rickhard. Berselang 5 menit kemudian, gawang Persebaya justru kebobolan gol ketiga yang kali ini lewat Guy Junior.

Ini merupakan assist dari Bustos dan dirinya pada laga ini telah membukukan 2 kali. Serangan demi serangan Bajul Ijo akhirnya bisa memperkecil kedudukan menjadi 3 1. Itu terjadi di menit 75 lewat Ricky Kambuaya.

Gol Kambuaya sekaligus menjadi penutup pertandingan ini yang berakhir 3 1 untuk kemenangan Borneo FC. Angga Saputro; Leo Guntara, Javlon Guseynov, Wildansyah, Rifad Marasabessy; Nuriddin Davronov, Hendro Siswanto, Jonathan Ezequiel Bustos, Terens Puhiri, M Sihran, Francesco Torres Ernando Ari; Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Ady Setiawan, Alwi Salamat; Rikhart Sotoy, Ricky Kambuaya, Hambali Tholib, Akbar Firmansyah; Muhammad Supriadi, Johan Yoga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.